Rubik "GANEPO" Di Jorong Padang Kandi

Dalam pengembangan usaha kecil menegah menjadi tulang punggung pembangunan ekonomi nasional. Keberadaan industri kecil menengah sekarang ini dipandang penting oleh pemerintah, Alasan pertama adalah karena tingginya ketahanan IKM menghadapi krisis ekonomi, serta IKM memiliki korelasi tinggi terhadap karakteristik bisnisnya dan tidak atau hanya sedikit yang bergantung dengan pihak luar negeri,baik modal maupun bahan baku. Kedua, kinerja IKM cenderung lebih baik dalam hal menghasilkan tenaga kerja yang produktif. Ketiga, sebagai bagian dari dinamikanya, IKM sering mencapai peningkatan produktivitasnya melalui investasi dan perubahan teknologi adalah karena sering diyakini bahwa IKM memiliki keunggulan dalam hal fleksibilitas ketimbang industri besar.

IKM di Jorong Padang Kandi sejak tahun 2002 silam berkembang sangat pesat, Sehingga dari tahun ke tahun tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat begitu juga dengan pertumbuhan ekonomi kabupaten limapuluh kota di sektor industri rumah tangga. Tingkat pengangguran berkurang walaupun anak putus sekolah di jorong ini semakin banyak.

Rubik Ganepo, merupakan industri rumah tangga di Jorong Padang Kandi selain Industri Rendang Telur, Dari pengamatan penulis yang merupakan putra asli jorong padang kandi, di tiap rumah tangga pasti ada usaha ini walau hanya sebagai usaha sambilan tapi sangat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dari sekian Banyak rumah tangga yang memproduksi rubik Ganepo ada sebagian industri yang gulung tikar karena kekurangan modal dan kalah dari persaingan sesama pengusaha.

Kini Industri ini sudah di berikan bantuan oleh pemerintah, walau bantuan tersebut harus dikembalikan hanya sebagai modal pinjaman dan masyarakat sangat bahagia sekali menyambutnya. Adapun beberapa industri rubik Ganepo di Jorong ini yaitu:

1. Rubik Ganepo "YANTI"
2. Ganepo "RAJAB"
3. Ganepo "99"
4. "ANDRI" Rubik Ganepo
5. Rubik Ganepo "SANTANA"
6. Rubik Ganepo "FAJAR"
dll

Masih banyak industri Ganepo yang berkembang di Sini, Tenaga Kerja yang dipergunakan merupakan warga asli jorong padang kandi sendiri, Sebagian Rumah Tangga yang memproduksi Ganepo ini hanya sebagai Pencari Bahan baku atau sebagai Ganepo setengah jadi dan Nanti nya akan di jual Kepada Industri yang sudah mempunyai merek dan sudah mempunyai izin IRT dari pemerintah.

Rubik Ganepo ini sudah memiliki Pasar yang sangat luas, bahkan sudah sampai di pulau jawa dan luar negeri, walaupun di kota padang sendiri memang sedikit susah menjumpai rubik ganepo asli dari Jorong Padang Kandi ini.

Berikut Adalah Alat, Bahan Baku dan cara pengerjaan dari Rubik Ganepo itu sendiri :

Alat
• Pisau digunakan untuk mengupas dan memotong ubi kayu
• Talenan untuk tempat memotong ubi kayu
• Baskom untuk merendam ubi kayu yang sudah dikupas
• Wajan dan kompor untuk penggorengan ubi kayu .
• Serok sebagai penyaring ubi kayu yang sudah digoreng.
• Blender untuk menghaluskan bumbu – bumbu yang akan digunakan.
• Plastik kemas untuk pengemasan rubik ganepo yang sudah jadi.
Bahan
• Ubi kayu sebagai bahan utama dalam pembuatn rubik ganepo
• Minyak goreng untuk menggoreng ubi
• Bumbu – bumbu seperti cabe, kunyit, bawang merah, bawang putih, garam sebagai penyedap rasa.
Cara pengolahan
• Ubi kayu yang akan digunakn harus benar – benar bagus.
• Kemudian bumbu yang akan digunakan tidak boleh membusuk
• Ubi yang sudah dipilih tadi dikupas dan dibuang lendir – lendirnya kemudian direndam untuk menghilangkan kotoran.
• Setelah ubi direndam dipotong seperi dadu.
• Ubi yang sudah dipotomg seperti dadu selanjuntnya dilakukan penggorengan
• Setelah ubi digoreng kemudian diangkat dan ditiriskan sampai dingin, setelah dingin bumbu yang sudah diblender dicampurkan kedalam ganepo yang sudah digoreng..
• Setelah rubik ganepo yang sudah dicampur dengan bumbu kemudian dikemas dan disealler dengan rapi.

Rubik Ganepo yang terbuat dari Ubi singkong Dumai ini sangat gurih, Rapuh dan Enak dimakan Pakai Nasi.

Selaku Calon Sarjana Ekonomi dan Sebagai Seorang Mahasiswa Perencanaan saya melihat Industri Rubik Ganepo Di Jorong ini Sangat Membutuhkan Sebuah Sentral Produksi, Selain itu Untuk Mengembangkan Industri ini Lebih Lanjut sangat diperlukan Sebuah Peralatan yang canggih untuk proses pemotongan bahan baku. Pelatihan dan penyuluhan tentang industri rumah tangga dari pemerintah sangat di butuhkan untuk meningkatkan produktifitas dari pengusaha maupun tenaga kerja dari industri ini.

4 comments:

  1. Ganepo Enak dan Gurih....
    Heheheheee...

    ReplyDelete
  2. Haritu kawan blik padang..... lepastu datang blik malaysia lagi..... dia bawakan saye rubik ganepo...... sedapnyeeeeeeeee

    ReplyDelete
  3. Blm ini saya coba ganepo yg dibw famili dr padang, rasanya unik n enak. Kalau boleh tahu , gmn crnya atau resep agar ganepo tsb tetap gurih n renyah utk wktu yg lama. Terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete